Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Sebagai seorang Guru tentunya di haruskan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Bagi Anda Guru yang mengampu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS jenjang SMP dan MTs tentunya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran membutuhkan perangkat pembelajaran yang lengkap sesuai dengan revisi tahun 2018 yang merupakan rekomendasi untuk Anda gunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar Kurikulum 2013.

Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file penunjang kegiatan pembelajaran seperti  Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD, Analisis Kompetensi, Pemetaan KKM, Program Tahunan PROTA, Program Semester PROMES, Silabus, dan RPP, dll. Perangkat pembelajaran tersebut di tujukan untuk kelas 7 bagi Anda seorang Guru pada Mapel tersebut tentunya wajib memiliki file tersebut agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bagi Anda yang membutuhkan file K13 tersebut  yang dibuat berdasarkan revisi pembelajaran tahun 2017 untuk kelas VII (Tujuh) dapat Bapak dan Ibu download secara lengkap pada link di bawah ini untuk mapel IPS.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dipelajari antara lain:
Kompetensi Inti:
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
1.1   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2   Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1   Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2   Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3   menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora  dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
4.1 Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta Pengaruhnya terhadap kehidupanmanusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
3.2 menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya
4.2 menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran permintaan) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia
4.3  menyajikan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
3.4   memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam
4.4 menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu- Buddha, dan Islam

LINK UNDUH PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS KURIKULUM 2013 :
Download Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD [ BAG 1 ], [ BAG 2 ], [ BAG 3 ], [ BAG 4 ]
Download Prota, Prosem, Penentuan KKM [ DISINI ]
Download Silabus [ DISINI ]
Download RPP 1 [ DISINI ]
Download RPP 2 [ DISINI ]
Download RPP 3 [ DISINI ]
Download RPP 4 [ DISINI ]
Download RPP 5 [ DISINI ]
Download RPP 6 [ DISINI ]
Download RPP 7 [ DISINI ]
Download RPP 8 [ DISINI ]
Download RPP 9 [ DISINI ]
Download RPP 10 [ DISINI ]

Dengan adanya perangkat pembelajaran tersebut untuk kelas VII, Admin harapkan dapat memberikan manfaat dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS di jenjang SMP dan MTs yang Bapak dan Ibu laksanakan.

0 Response to "Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel